Jl. KRT Kertodiningrat, Karang Tengah Lor, Margosari, Pengasih, Kulon Progo, D.I. Yogyakarta 55652
+62 878-3856-4022
pgrikulonprogo@gmail.com

Logo & Makna

Logo & Makna

PGRI (PERSATUAN GURU REPUBLIK INDONESIA)

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Morbi volutpat justo sed efficitur cursus. Mauris fringilla quam vitae lacinia viverra. Mauris eros dolor, pellentesque sed luctus dapibus, lobortis a orci. Cras pulvinar lorem elit, vel laoreet.

1. Bentuk

Logo PGRI yang kita lihat memiliki bentuk seperti cakra atau lingkaran.

Bentuk lingkaran itu memiliki sebuah makna sebagai cita-cita luhur dan juga daya upaya profesi guru untuk selalu menunaikan pengabdian secara terus-menerus.

2. Ukuran, corak, dan warna bidang

Simbol selanjutnya pada lambang PGRI adalah bagian pinggir lingkaran.

Simbol itu memiliki warna merah yang artinya pengabdian oleh guru yang berlandaskan kemurnian dan keberanian untuk kepentingan rakyat.

Ada pula lingkaran yang berwarna putih dengan tulisan “Persatuan Guru Republik Indonesia” yang juga berwarna putih di dalamnya memiliki makna pengabdian yang berlandaskan kesucian dan kasih sayang.

Setelah itu terdapat warna merah dan putih pada pinggiran lingkaran yang memiliki filosofi pengabdian kepada negara, bangsa, dan juga tanah air Indonesia.

3. Suluh berdiri tegak bercorak 4 garis tegak dan datar berwarna kuning

Simbol yang ketiga tersebut memiliki arti sebagai fungsi guru pada empat tingkatan pendidikan diantaranya pendidikan prasekolah, dasar, menengah, dan perguruan tinggi dengan hakikat tugas pengabdian guru sebagai pendidik yang besar dan luhur.

4. Nyala api dengan 5 sinar warna merah

Simbol selanjutnya dari logo PGRI adalah gambar nyala api dimana terdapat 5 sinar api berwarna merah.

Simbol itu dapat memiliki arti sebagai ideologi dari 5 sila dalam Pancasila.

Selain itu, simbol tersebut juga berarti 5 nilai-nilai teknis seperti budi pekerti, karsa, rasa, cipta dan karya generasi.

5. Empat buku mengapit suluh

Simbol kelima terdiri dari 2 gambar buku berposisi datar dan 2 buku dengan posisi tegak dengan corak/garis berwarna putih.

Simbol itu memiliki filosofi sebagai sumber ilmu yang menyangkut nilai-nilai seperti moral, akhlak, keterampilan, dan juga pengetahuan pada tingkatan lembaga-lembaga pendidikan dari prasekolah, dasar, menengah, sampai perguruan tinggi.

6. Warna dasar berwarna hijau di tengah

Simbol terakhir adalah warna dasar ditengah logo yang berwarna hijau.

Simbol itu memiliki makna kemakmuran dari generasi.